HIDUP ADALAH DO’A


LIFE IS PRAYER
Five smart principles for life – description part (5)

Allah menciptakan Jin dan manusia kealam dunia ini diperuntukan untuk ibadah, namun sedikit sekali orang yang memahami apa makna dari ibadah dalam hidup, banyak diantara mereka yang menganggap bahwa hidup ini jalankan saja bagaikan air mengalir, kalau begitu sama saja dengan benda mati yang megikuti air kemanapun ia mengalir . Padahal Allah sudah melebihkan penciptaan manusia dari makhluk-makhluk lain dengan memberikan akal pikirannya untuk berpikir, guna menjalani hidup ini sesuai dengan tuntunan Alqur’an dan Alhadist.

Hidup ini tidak bisa kita gambarkan dalam satu atau dua patah kata, ibarat kita makan tidak mungkin hidup dan tumbuh sehat kalau hanya mengkonsumsi nasi tanpa lauk pauk , sayuran dan buah-buahan.. Jadi kalau kita makan harus 4 sehat 5 sempurna untuk bisa hidup dan tumbuh sehat secara sempurna. Begitu pula dengan hidup ini , kalau kita asumsikan dengan kebutuhan makan tadi , maka hidup ini tidak hanya sebagai Ujian (1), namun juga Pilihan (2), juga Perjuangan(3), juga Persaingan(4). Apakah ini cukup untuk menggambarkan hidup, tentu tidak cukup dan kita butuh susu untuk kesempurnaan , itulah DO’A . Jadi Hidup adalah Do’a sebagai pelengkap kesempurnaan dalam hidup. Dan Allah sendiri telah mengajarkan kepada kita untuk berdo’a seperti dicontohkan dalam Alqur’an dan al-Hadist, diantaranya;

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." (Albaqarah : 286)

(Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)".(Al-Imran:8).

Dan masih banyak lagi do’a do’a yang dicontohkan dalam Al-qura’n & Al-Hadist.
Hidup adalah do’a dan Allah akan mengabulkan permohonan kita ;

"Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (Al-Baqarah: 186)

Doa adalah senjata dahsyat yang dimiliki seorang muslim dan dengan izin Allah do’a bisa mengubah segalanya. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

"Doa itu bermanfaat terhadap sesuatu yang telah turun (terjadi) maupun sesuatu yang belum terjadi, maka berdo’alah wahai hamba Allah." (HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan Al-Hakim).

"Tidak bisa menolak qadha (takdir yang sudah terjadi) kecuali doa, dan tidak bisa menambah umur selain kebaikan." (HR. At-Tirmidzi).

"Tidak menambah umur kecuali kebaikan, dan tidak bisa menolak qadar (putusan dalam catatan) kecuali doa. Sesungguhnya seseorang itu bisa terhalangi dari rizkinya karena dosa yang telah ia perbuat." (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim).


Kita hidup di bumi ,dan bumi adalah milik Allah, Kita makan dan makanan yang kita makan adalah rezeky dari Allah, kita bekerja dan semua pekerjaan yang ada dibumi hakekatnya adalah Allah yang menyediakan, Kita hidup selalu ada susah dan ada senang, ada orang baik dan ada juga orang jahat, ada yang suka menolong dan ada juga yang mencelakakan, itu semua Allah ciptakan ( objek pekerjaanya bukan subjek pelakunya ) sesuai QODHO – Nya, ( QODHO adalah ketentuan2 , ketetapan2 atau aturan2 Alloh, baik berupa ayat2 qouliyah / Alqur’an-hadist, ataupun berupa ayat2 qouniyah berupa sifat-sifat alam dalam science dan tekhnologi dll ). Hidup memang ditangan Allah, namun Allah punya aturan main dalam QODHO – Nya, contoh manusia butuh Oxygen untuk Hidup, tanpa Oxygen ( saluran nafas dicekik ) maka ia akan mati. Api itu rasanya panas, air itu rasanya dingin dll. Akan tetapi Allah mempunyai hak Perogratif yang disebut TAQDIR, Allah berhak merubah apa saja yang IA mau, contoh Nabi Ibrahim dibakar oleh raja Namrudz akan tetapi Allah jadikan API ITU DINGIN, sungguh dahsyat..!. Hanya dengan DO’A kita berserah diri kepada-Nya yang MAHA DAHSYAT KEKUATANNYA, ‘LAAHAULA WALAAQUWWATA ILLA BILLAH’. Sebesar apapun kesusahan / kesulitan yang kita hadapi dalam hidup ini , serahkan saja kepada Allah dengan DO’A dan Tawakkal , tentunya setelah prinsip-prinsip cerdas yang lain dijalankan secara benar dan istiqomah. InsyaAllah kita akan selalu dipermudah urusannya dan dijaga keselamatannya dari kejahatan makhluk-Nya dan dari segala marabahaya. Amin… Ya Robbal ‘Alamin..

FIVE SMART PRINCIPLES for Life ( 5SP ) ;
1. HIDUP ADALAH UJIAN
2. HIDUP ADALAH PILIHAN
3. HIDUP ADALAH PERJUANGAN
4. HIDUP ADALAH PERSAINGAN
5. HIDUP ADALAH DO’A

Semoga bermanfa’at,
Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

No comments: