Gede - Pangrango Story

SMART EXPERIENCE
GEDE - PANGRANGO story
By : Nandang Surachman


Merencanakan persiapan untuk sebuah perjalanan kadang tidak sesuai dengan kenyataan, malah terkadang kita sembrono tanpa ada persiapan yang matang , lebih bahaya lagi kalau tanpa persiapan apapun, ini pernah terjadi pada saya sendiri dan teman-teman di kantor ( PT. GMF-Aero-Asia ), kita jauh-jauh hari sudah mempersiapkan ingin mendaki gunung GEDE PANGRANGO pada akhir pekan (lihat peta pendakian gunung gede pangrango).


Pada hari yg direncanakan kita berangkat bersama-sama dengan penuh keakraban dan kebersamaan. Setibanya di pangkalan MANG IDI ( lapangan parkir, lengkap dengan warung makanannya ), kami sarapan pagi dengan Indomie-telor , kemudian manjat gunung dengan persiapan seadanya, air minum yg dibawa sedikit, tanpa jaket dan jas hujan, malah teman saya hanya memakai celana pendek, kaos tipis dan payung, hello mas... I am sorry my friend..

Tiga perempat perjalanan tanpa diduga kami diguyur hujan, badan mulai lemas kekurangan makanan dan minuman, kemudian teman kita ada yang sudah menggigil, WAH… GAWAT… makan nasi bungkuspun menggigil berjatuhan lauknya, akhirnya setelah sampai di Shelter Air Panas kita semua balik ke base MANG IDI, Alahamdulillah kita semua selamat, namun ada teman kita yang terkena serangan HYPOTERMIA menurunnya suhu tubuh, badan menggigil, karena badan tidak dapat memproduksi panas dengan cepat untuk mempertahankan suhu tubuh normal +/-37,5 derajat Celsius. dan apabila tidak cepat mengatasi situasi tersebut bisa berakibat fatal. setiap tahun di Indonesia, anak pendaki meninggal karena hypothermia, dan ini jangan terjadi pada kita.Tapi alhamdulillha teman saya tsb sembuh dalam waktu hampir 6 jam, setelah diberikan pertolongan pertama, meminum madu dan POCARI sweat serta tidur berselimut tebal.
Hikmah yang dapat diambil, persiapkanlah diri anda secara cermat bila ingin melakukan sebuah perjalanan, apabila tanpa persiapan kita akan sengsara dan tersesat, dan ingat itu baru melakukan perjalanan di alam dunia, bagaimana bila kita akan melakukan sebuah perjalanan panjang tanpa henti di Akhirat kelak ,
BEKAL APA YANG ANDA SIAPKAN ...???

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan( mempersiapkan ) apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” Q.S 59. Al Hasyr : 18


Artikel terkait ; Hypothermia


Terima kasih & semoga bermanfa’at
Wassalamulaikum wr wb,
NandangS