Five Smart Principles for Life

FIVE SMART PRINCIPLES for life
by : Nandang Surachman


Hidup ini ibarat pergantian siang dan malam, kadang susah kadang senang, kadang manis kadang pahit, yang lebih aneh lagi kadang Tuhan terasa tidak adil ???, untuk itu saya mengajak pembaca untuk berpikir cerdas / smart untuk menghadapi permasalahan ini. Ada beberapa prinsip dasar hidup yang harus kita pahami, supaya kita bisa lebih cerdas dan cermat menyikapi berbagai permasalahan hidup.

HIDUP ADALAH UJIAN – LIFE IS EXAMINATION
Allah menciptakan jin & manusia bertujuan agar manusia beribadah dan taat kepada-Nya ( QS Adzariyat : 56 ), namun dalam proses pengabdian itu, kita terus-menerus diuji oleh berbagai hal, baik berupa kesusahan maupun kesenangan ( QS Azzumar 49 ).
“Manusia yg paling berat ujiannya adalah para Nabi, kemudian orang yg seperti dia (derajat keimanannya). Seseorang akan diuji sesuai dengan tingkat keimanannya. Jika keimanannya kokoh ia akan diuji sesuai dengan itu, dan jika keimanannya lembek maka akan diuji dengan yang lebih ringan. Dan ujian akan terus menerus merundung seseorang hingga ia berjalan dimuka bumi dalam keadaan tidak punya kesalahan . ( Muttafaq Alaih )”

HIDUP ADALAH PILIHAN – LIFE IS CHOICE
Allah Maha mengatur semua yang ada di langit , di bumi dan seluruh alam semesta beserta isinya. Allah menciptakan NAFSU dan mengaturnya di dalam diri manusia, yang dimasukkan kedalam jasad bersamaan dengan RUH. Dengan ‘ nafsu ‘ manusia akan memiliki hasrat / keinginan / kehendak untuk berbuat sesuatu. Hasrat / keinginan inilah yang Allah berikan kebebasan untuk memilih jalan mana yang mau diambil, jalan kebaikan atau jalan kesesatan ( QS Al balad:10 , Albaqoroh:177 , Annisa:115 ).

HIDUP ADALAH PERJUANGAN – LIFE IS STRUGGLE
Setelah kita memilih jalan, baik berupa pilihan-pilihan pekerjaan ataupun pilihan-pilihan hidup lainnya yang telah Allah sediakan dimuka bumi ini, sesuai dengan ketentuan2 atau aturan2 Allah yang telah ditetapkan dalam QODHO –Nya , maka kita harus berusaha keras atau berjuang untuk menggapai apa yang kita inginkan, tentunya dengan jalan / cara yang benar dan di ridhoi Allah. Karena hal itu merupakan bagian dari perintah-Nya (Ujian-Nya). Kalau setiap usahanya dijalankan dengan cara yang benar , berarti ia bersungguh-sungguh berjuang / berusaha mencari ridho Allah sebagai tujuan utama untuk bekal diakhirat kelak. “Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik. ( QS Alisraa : 19 )”

HIDUP ADALAH PERSAINGAN – LIFE IS COMPETITION
Kita hidup tidak sendiri, akan tetapi berada didalam sebuah komunitas yang komplek ( Alam dunia ) , setiap orang tentunya sedikit atau banyak ada yang memilih sebuah pilihan hidup yang hampir sama , manusia umumnya selalu ingin mencari sesuatu yang lebih enak , lebih senang , lebih bahagia , lebih kaya ( sifat NAFSU selalu merasa tidak puas dengan apa yg ia peroleh & selalu ingin melampaui batas ), keinginan itu wajar-wajar aja selama berada dalam batasan-batasan yang HALAL menurut syari’at. Jadi untuk menggapai apapun yang diinginkan seyogyannya bersainglah secara sehat/halal dan jangan melampaui batas, karena tujuan hidup kita tidak semata-mata untuk dunia, namun jauh lebih dari itu yaitu untuk kehidupan Akhirat.

HIDUP ADALAH DO’A = LIFE IS PRAYER
Kita hidup di bumi ,dan bumi adalah milik Allah, Kita makan dan makanan yang kita makan adalah rezeky dari Allah, kita bekerja dan semua pekerjaan yang ada dibumi hakekatnya adalah Allah yang menyediakan, Kita hidup selalu ada susah dan ada senang, ada orang baik dan ada juga orang jahat, ada yang suka menolong dan ada juga yang mencelakakan, itu semua Allah ciptakan ( objek pekerjaanya bukan subjek pelakunya ) sesuai QODHO – Nya, ( QODHO adalah ketentuan2 , ketetapan2 atau aturan2 Alloh, baik berupa ayat2 qouliyah / Alqur’an-hadist, ataupun berupa ayat2 qouniyah berupa sifat-sifat alam dalam science dan tekhnologi dll ). Hidup memang ditangan Allah, namun Allah punya aturan main dalam QODHO – Nya, contoh manusia butuh Oxygen untuk Hidup, tanpa Oxygen ( saluran nafas dicekik ) maka ia akan mati. Api itu rasanya panas, air itu rasanya dingin dll. Akan tetapi Allah mempunyai hak Perogratif yang disebut TAQDIR, Allah berhak merubah apa saja yang IA mau, contoh Nabi Ibrahim dibakar oleh raja Namrudz akan tetapi Allah jadikan API ITU DINGIN, sungguh dahsyat..!. Hanya dengan DO’A kita berserah diri kepada-Nya yang MAHA DAHSYAT KEKUATANNYA, ‘LAAHAULA WALAAQUWWATA ILLA BILLAH’. Sebesar apapun kesusahan / kesulitan yang kita hadapi dalam hidup ini , serahkan saja sama Allah dengan DO’A dan Tawakkal , tentunya setelah prinsip-prinsip cerdas yang lain dijalankan secara benar dan istiqomah. InsyaAllah kita akan selalu dipermudah urusannya dan dijaga keselamatannya dari kejahatan makhluk-Nya dan dari segala marabahaya.

3 comments:

nandangs said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

test... good job..

Anonymous said...

Ass.wr.wb. Super artikel.

Tulisan Pak Nandang dapat menjadi mozaik-mozaik pengertian hidup yang akan melengkapi sudut pandang pembaca lainnya. Terimakasih telah berkenan berbagi.

Syarif Niskala - syarifniskala.com