Persiapan Jalan-jalan ke Amsterdam & Paris



Persiapan jalan-jalan ke Amsterdam dan Paris tanpa melalui Travel agent ... (1)


Apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin jalan-jalan ke Amsterdam – Paris atau ke negara-negara  Eropa lain-nya ?, tentunya kalau kita mau.. tidaklah sulit jalan-jalan ke Eropa sendiri bersama keluarga tanpa melalui travel agent.
Disamping biayanya lebih murah , perjalananpun benar2 memuaskan, karena kita bisa merencanakan sendiri lokasi-lokasi mana yang akan kita kunjungi, waktunya bebas sepuasnya tanpa ada aturan2 yang mengikat, termasuk transportasi & Hotel-nya kita bisa tentukan sendiri.


Berdasarkan pengalaman , apa saja yang harus dipersiapkan ?.. berikut ulasannya ;

Persyaratan Umum :

VISA Schengen  (Visa khusus Eropa tidak berlaku utk negara Inggris dan diluar yg 26 negara), Biasanya Schengen visa di terbitkan untuk jangka waktu 6 bulan tetapi hanya boleh menetap disana selama 90 hari saja. Ini artinya anda boleh keluar masuk wilayah Schengen (biasanya visa adalah multiple entry) dalam periode 6 bulan, yang berlaku untuk 26 negara Schengen. yaitu sebagai berikut : Belgia , Denmark , Jerman , Finlandia , Perancis , Yunani , Italia , Luxemburg , Austria , Portugal , Belanda , Norwegia , Spanyol , Swedia , Islandia , Malta , Estonia , Hongaria , Latvia , Lithuania , Polandia , Slovenia , Slowakia , Ceko , Swiss , Liechtenstein .
Syarat-syarat pembuatan visa schengen secara rinci bisa dilihat di ; web resmi kedutaan Belanda (http://indonesia-in.nlembassy.org/organization/bagian-dalam-kedutaan/konsuler/visa-schengen) ;
1. Formulir Pendaftaran. Bisa didapatkan langsung di kedutaan tempat kita apply.
2. Passport (asli dan fotokopi). Pastikan passport kita masih berlaku selama 6 bulan pada saat keberangkatan.
3. Pas Foto. terbaru ukuran 3.5 x 4.5 cm dengan latar belakang putih.
4. Asuransi Perjalanan. Waktu itu saya menggunakan asuransi AXA yang meng-cover semua biaya pertanggungan perjalanan luar negeri. Saat pengajuan cukup sertakan fotokopi polisnya , tetapi bawa aslinya bila saat wawancara terkadang suka minta diperlihatkan.
5. Bukti Rekening Tabungan. Besarnya uang yang harus tersedia di tabungan kita akan tergantung berapa lama kita akan tinggal disana. Syaratnya rata-rata kita harus memiliki 70 Euro per hari. Jadi kalau kita berencana untuk trip selama 10 hari, minimal dana yang harus tersedia di rekening kita sebesar Rp 700 Euro / skt Rp. 10 juta / orang, tapi ini bukan angka pasti yang ditentukan oleh kedutaan Belanda. Untuk Saldo tabungan tentu saja menentukan tetapi tidak ada angka pasti yang membuat anda diterima.
6. Surat pernyataan dari perusahaan. Surat Keterangan Kerja dari kantor Anda, berupa keterangan status Anda dan izin memberikan cuti. Beberapa pengalaman menunjukkan semakin bonafit tempat kerja Anda, dokumen ini tidak banyak dipersoalkan oleh petugas. Jika Anda bukan orang kantoran alias pengusaha atau professional, SIUP atau surat keterangan profesi juga dilampirkan.
7. Bukti Reservasi Penerbangan. Pesan tiket penerbangan dari jauh hari, termasuk booking Hotel-nya agar tidak terlalu sulit menyesuaikan tanggal-nya. Pengalaman saya untuk booking Hotel dan Penerbangan dilakukan minimal 2 bulan sebelum keberangkatan. 
8. Bukti Reservasi Hotel. Anda tinggal booking Hotel via Booking.com atau yang lain, konfirmasi reservasi hotelnya tinggal kita print aslinya & lampirkan .Untuk booking penerbangan sebaiknya yang bisa di refund, untuk menghindari apabila visa anda tidak keluar, Jadi tinggal kembalikan.  & untuk booking Hotel-nya yg ‘FREE cancellation’, terkecuali kalau sudah yakin visa-nya pasti keluar.

Hal-hal lain atau Tips khusus yang harus dipersiapkan jauh2 hari :

1.      Tempat-tempat yang akan dikunjungi , anda bisa googling , cari Map & Print sebagai panduan,
karena saya sekeluarga jalan2 hanya di AMSTERDAM dan PARIS, jadi saya download MAP Amsterdam dan Paris sj, termasuk terminal Map dan route2 jalur Bus & keretanya.
2.      Kalau sudah direncanakan tempat2 menarik yg akan dikunjungi, mulai mencari transportasi yang akan digunakan, pakai kereta atau Bus, pengalaman saya baik kereta atau bus dua2 nya sangat diperlukan. Kerena transportasi tsb lebih hemat daripada naik taxi. Jangan lupa download Map untuk route-route Bus dan kereta-nya. Tandai tempat2 mana yang akan kita kunjungi sesuai perencanaan pada no.1
3.      Bagi yang Stay di BELANDA – Amsterdam dan ingin jalan-jalan ke PARIS, jika ingin menggunakan kereta lakukan booking jauh-jauh hari. Dari Amsterdam ke Paris sebaiknya menggunakan kereta krn lebih cepat dan praktis, kalau naik BUS cukup melelahkan perjalanan bisa mencapai 7 jam.

Saya pribadi menggunakan THALYS & booking via SNCB ,dari Amsterdam ke Paris ditempuh dalam 2 jam 50 menit. Booking jauh2 hari karena lebih murah, minimal 1 bulan sebelum keberangkatan, walupun masih lebih mahal jika bibandingkan dengan naik BUS.


4.      Di Amsterdam dan Paris lingkungannya sangat ramah, informasi dan petunjuk disana sangat banyak, jadi kalau ada yang tidak mengerti mengenai route Bus dan kereta tinggal nanya ke bag. informasi baik di terminal maupun di Hotel dan juga di tempat2 keramaian pun banyak tour travel disana yang khusus untuk menyediakan tour keliling kota / maupun keluar kota. mereka akan menjelaskan secara detail, bahkan disana banyak counter2 yg memberikan map gratis utk route kereta/Bus & Tour-2 untuk memanjakan setiap wisatawan yang datang.
Jadi jangan khawatir tersesat yang  penting kemana mana kita harus selalu bawa Paspor dan Euro yg cukup tentunya.

5.      Jangan Lupa bawa perlengkapan seperlunya, apabila musim dingin persiapkan pakaian khusus musim dingin untuk menjaga agar fisik kita tetap fit.
Apabila anda ingin berhemat anda bisa bawa ‘ mini rice cooker khusus travelling ‘  dan bawa beras & makanan secukupnya. Bisanya pengalaman saya kalau makan utk sarapan pagi di Hotel, makan siang di Restaurant ( cafe dilingkungan tempat wisata ) dan makan malam kadang di restaurant /cafe , kadang masak di Hotel ..lebih hemat.., lebih puas.., & lebih kenyang ...hehehe... selain itu menu  makan di luar terkadang tdk sesuai selera lidah kita.

Kemana saja kita jalan-jalan di Amsterdam dan Paris ... ?
Tentunya tergantung dari lamanya kita Stay disana & UERO yg kita bawa hehehe..
Untuk lebih lengkapnya silahkan klik dibawah ini :
 

20 comments:

Anonymous said...

It's very straightforward to find out any topic on web as compared to books,as I
foud this piece of writing at this web page.

Also visit my weblog - website - ,

Anonymous said...

Hey there owner of nandang-smart.blogspot.com. Great site. I think you should be little more strict with the comments.

Anonymous said...

If you are going for most excellent contents like myself, simply visit this website everyday since it
offers feature contents, thanks

Feeel free to visit my page; Kaos Bola Jersey

Unknown said...

Bookingnya di indonesia atau pas sudah di amsterdam ?

Unknown said...

Bookingnya di indonesia atau pas sudah di amsterdam kereta ke paris ?

Kang Nandang said...

Bookingnya semua di Indonesia..
via booking.com, khusus dari amsterdam ke paris booking kereta via sncb.
Salam

dhyto said...

Comment ahhhh :p
Mas nandang, pinjem baju anget / jaket nya dooong. Amsterdam December, dingiiiin

dhyto said...

Comment ahhhh :p
Mas nandang, pinjem baju anget / jaket nya dooong. Amsterdam December, dingiiiin

dhyto said...

Comment ahhhh :p
Mas nandang, pinjem baju anget / jaket nya dooong. Amsterdam December, dingiiiin

Kang Nandang said...

Boleh Mas Dhito, Silahkan...
kapan mau dibawain..

dhyto said...

Ahuhuuuiiii.. Duingiiiinn
Jaketnya uangetttt

dhyto said...

Amsterdam duingiiiinnn
Jaketnya hangaaatttt

Unknown said...

pengalamannya sangat menarik ka, jangan lupa cek juga itinerary Muslim Tour Eropa sama Paket Umroh Desember 2016. Terimakasih

Paket Wisata Dieng said...

apakah budgetnya tidak cukup mahal ??

pocket wifi ke eropa said...

halo kang mau share kalo ke eropa sekarang bisa sewa pocket wifi kang, ini salah satu webnya wi2fly. bisa di coba. makasih kang

monic said...

dari amsterdam ke paris naik pesawat budget berapa yah?

Rental Travel Wifi Luar Negeri said...

1 hal lagi sih yang harus di persiapin jangan lupa rental travel wifi buat ke luar negeri kaa

Unknown said...

kalo ke sana musim dingin kopernya penuh doang sama jaket tebel dong ya hehehe.

intnisgood said...

Kang, utk aplikasi maps di amsterdam dan paris pakai apps apa yaa? boleh di share yaa sama utk naik kereta ke Paris nya itu booking di sncb it apa kang? website gitu apa gmn? oiya sama pas interview utk visa nya, kita ditanyain itinerary secara detail g disana ngapain aja dan kemana aja gt kang? ditunggu balasannya, nuhun pisan.

Kang Nandang said...

Duh.. Maaf rekan2 semua, sy dah lama gak aktif (sesekali aj sy buka hehe),
sy dari AMS-PARIS naik kereta cepat 'thalys' PP skitar 55 UERO, booking via SNCB (semacam travel Web,
untuk MAP pake google MAP aj, & TOUR MAP nanti di sana banyak tinggal minta aja ..banyak agen2 perjalanan,
untuk pembuatan VISA mudah selama persyaratan yg diminta lengkap.

hatur nuhun sdh berkunjung ke BLOG 'ndg.smart',
Salam utk semua