JENIS MESIN PESAWAT TERBANG


Jenis Mesin Pesawat Terbang
Aircraft Engine Types : Turboprop , Turbojet , Turbofan , Turboshaft , Ramjet .
Pesawat bisa terbang karena ada gaya dorong dari mesin penggerak (Engine) yang menyebabkan pesawat memiliki kecepatan, dan kecepatan inilah yang di terima sayap pesawat berbentuk aerofoil sehingga pesawat dapat terangkat / terbang. Pemilihan engine didasarkan pada besar kecilnya ukuran pesawat terbang. Adapun jenis-jenis mesin ( Engine ) pesawat terbang adalah sebagai berikut:
1 . TURBOPROP ENGINE
Pada awal perkembangan engine, umumnya pesawat komersial menggunakan sistem penggerak turbo propeller atau yang biasa disebut dengan turboprop. Jenis turbo prop memiliki system tidak jauh berbeda dengan turbo jet, akan tetapi energy ( thrust ) dihasilkan oleh putaran propeller sebesar 85 %, dimana putaran propeller ini digerakkan oleh turbin yang menerima expansi energy dari hasil pembakaran, sisanya 15 % menjadi exhaust jet thrust (hot gas)
Turboprop engine lebih efisien dari pada turbojet, dirancang untuk terbang dengan kecepatan di bawah sekitar 800 km / h (500 mph). Contoh mesin turboprop yang populer antara lain mesin Roll-Royce Dart yang dipakai pada pesawat British Aerospace , Fokker 27 dll

2. TURBOJET ENGINE
Pengembangan mesin penggerak pesawat (Engine) mengalami kemajuan sangat pesat dengan dikembangkannya mesin jenis turbojet , di mana propeller yang berfungsi untuk menghisap udara dan menghasilkan gaya dorong digantikan dengan kompresor bertekanan tinggi yang tertutup casing, mesin menyatu dengan ruang bakar dan turbin engine. Dari gambar di bawah terlihat bagian-bagian dari mesin turbo jet, yang terdiri dari air inlet (saluran udara), sirip compressor rotor dan stator, saluran bahan bakar (Fuel inlet), ruang pembakaran (combuster chamber), turbin dan saluran gas buang (exhaust). Tenaga gaya dorong ( Thrust ) 100 % di hasilkan oleh exhaust jet thrust.

Mesin turbojet adalah mesin jet yang paling sederhana, biasanya dipakai untuk pesawat-pesawat berkecepatan tinggi. Contoh dari mesin ini adalah mesin Roll-Royce Olypus 593 yang digunakan untuk pesawat Concorde. Jenis lain adalah mesin Marine Olympus yang memiliki kekuatan 28.000 hp (daya kuda atau setara dengan 21 MW) yang digunakan untuk menggerakkan kapal perang modern dengan bobot mati 20.000 ton dengan operasi berkecepatan tinggi.

3. TURBOFAN ENGINE
Turbo Fan adalah jenis engine yang termodern sa’at ini yang menggabungkan tekhnologi Turbo Prop dan Turbo Jet. Mesin ini sebenarnya adalah sebuah mesin by-pass dimana sebagian dari udara dipadatkan dan disalurkan ke ruang pembakaran, sementara sisanya dengan kepadatan rendah disalurkan sekeliling bagian luar ruang pembakaran ( by-pass ). Sekaligus udara tersebut berfungsi untuk mendinginkan engine. Tenaga gaya dorong ( Thrust ) terbesar dihasilkan oleh FAN ( baling-baling/blade paling depan yang berukuran panjang ), menghasilkan thrust sebesar 80 % (secondary airflow), dan sisanya 20 % menjadi exhaust jet thrust (hot gas). Sepintas mesin turbo fan ini mirip turbo prop, namun baling-baling depan dari turbo fan memiliki ruang penutup ( Casing / Fan case ).

Mesin / engine yang menggunakan type ini contohnya adalah mesin RB211 yang digunakan pada pesawat Boeing B 747 dan GE CF6-80C2 yang digunakan pada pesawat DC 10 serta P&W JT 9D SERIES . Mesin lain yang menggunakan jenis mesin turbofan adalah Roll-Royce Tay pada pesawat Fokker F-100 (yang dijuluki mesin fanjet), mesin Adour Mk871 yang digunakan pada pesawat tempur type Hawk Mk 100/200 pesawat tempur Jaguar dan Mitshubishi F-1 yang digunakan AU Jepang.
Kemudian mesin high by-pass turbofan ini diterapkan juga pada mesin CFM56-5C2 yang dipakai oleh pesawat AIRBUS A340 dan mesin CFM56-3 yang dipakai pada Boeing B-737 serie 300, 400 dan 500 yang merupakan produk bersama antara GE dengan SNECMA dari Perancis.
Pada pesawat militer, mesin turbofan yang diterapkan antara lain pada mesin TF39-1C yang dipakai pada pesawat angkut raksasa C-5GALAXI, kemudian GE F110 yang dipakai pada F-16.

4. RAMJET ENGINE
Ramjet merupakan suatu jenis mesin (engine) dimana apabila campuran bahan bakar dan udara yang dipercikkan api akan terjadi suatu ledakan, dan apabila ledakan tersebut terjadi secara kontinyu maka akan menghasilkan suatu dorongan (Thrust). Mesin Ramjet terbagi atas empat bagian, yaitu: saluran masuk (nosel divergen) bagian untuk aliran udara masuk, ruang campuran merupakan ruang campuran antara udara dan bahan bakar supaya bercampur secara sempurna, combustor merupakan ruang pembakaran yang dilengkapi dengan membran,yang mana berfungsi untuk mencegah tekanan balik, saluran keluar (nosel konvergen) yang berfungsi untuk memfokuskan aliran thrust, menahan panas dan meningkatkan suhu pada combustor.
Technology ram jet ini umumnya dikembangkan pada roket / pesawat ulang alik. Pesawat tanpa awak X-43A ini memanfaatkan mesin scramjet yang di masa mendatang akan dipakai juga pada pesawat ulang alik. Adapun keistimewaan dari x-434 ini adalah digunakannya mesin scramjet (supersonic combustible ramjet). Scramjet menggunakan teknologi baru yang membakar hidrogen bersama dengan oksigen yang diambil dari udara. Oksigen tersebut dihisap dan dipancarkan lagi dengan kecepatan sangat tinggi.

5. TURBOSHAFT ENGINE
Mesin Turboshaft sebenarnya adalah mesin turboprop tanpa baling-baling. Power turbin-nya dihubungkan langsung dengan REDUCTION GEARBOX atau ke sebuah shaft (sumbu) sehingga tenaganya diukur dalam shaft
horsepower (shp) atau kilowatt (kW).

Jenis mesin ini umumnya digunakan untuk menggerakkan helikopter , yakni menggerakan rotor utama maupun rotor ekor (tail rotor) selain itu juga digunakan dalam sektor industri dan maritim termasuk untuk pembangkit listrik, stasiun pompa gas dan minyak, hovercraft , dan kapal .
Contoh mesin ini adalah GEM/RR 1004 bertenaga 900 shp yang diterapkan pada helikopter type Lynx dan mesin Gnome 1.660 shp (1.238 kW) pada helicopter Sea King. Sedangkan versi Industri lain adalah mesin pembangkit listrik 25-30 MW Roll-Royce RB 211 dengan 35.000-40.000 shp.

Artikel terkait : Mengapa Pesawat Bisa Terbang , klik disini !

( Sumber ; sebahagian dari wikipedia & My Doc. )

15 comments:

Anonymous said...

Today, I went to the beach with my children. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said "You can hear the ocean if you put this to your ear." She placed
the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I had to
tell someone!

Feel free to visit my homepage: Christian Louboutin

mas widhi said...

engine merupakan salah satu teknologi inti dari pesawat terbang. Sayang Indonesia belum bisa bikin engine sendiri...

Unknown said...

Mo tanya, putaran yg ada pada mesin jet berasal dari kerja apa ya? Apakan hasil kerja piston atau motor listrik? Atau hal lain diluar pengetahuan sy? Terimakasih

Kang Nandang said...

Dh,Putaran yg ada pd mesin jet berasal dari kerja compressor yg mengkompresi udara kemudian dialirkan ke ruang bakar yg dicampur dgn bahan bakar & igniter sbg api pembakarnya, yg menghasilkan energi kinetis utk memutarkan turbin. turbin ini satu shaft dgn compressor & berputar bersamaan.

Utk lebih detail, Mas bisa baca artikel2 lain di.. search/label/Aircraft Engine Theory .
-Smg bermanfaat-

brayton said...


Pesawat tempur itu termasuk tipe apa? Turbo jet, turbo prop, turbo fan, atau turbo shaf? Penjelasan ny dong

brayton said...

Pesawat tempur itu termasuk tipe apo bang? Turbo jet, turbo prop, turbo fan, atau turbo shaf? Penjelasan ny dong,

Kang Nandang said...

DH, Mas Daud..
Mhn maaf.. baru respond,
Pesawat tempur itu jenis Turbo Jet yg diberikan semburan avtur/bahan bakar tambahan di exhaust yg dikenal dgn 'after burner'. tujuannya utk memberikan tambahan Thrust (daya dorong).

Demikian Mas,
smg bermanfaat..

Salam

Unknown said...

Ialu pada waktu pesawat lepas landas menghadapnya kan ke atas, jd naik turunya pesawat apa di gerakan oleh baling2 juga ya pak?

Kang Nandang said...

naik turun pesawat (nose up & nose down) dominan diatur oleh gerakan elevator, sedangkan engine (baling2) hanya sbg gaya dorong (pd mesin jet) sesuai yg diatur elevator seberapa byk sudut angle of attack yg diinginkan.

arie said...

Maaf pak katanya turbofan 20% menjadi hot gas samanya kaya gaya dorong yg di keluar kan melalui exhaust sedang yg 80% nya menjadi thrust melalui apa pak ya?

arie said...

Maaf pak tdi kan yg turbofan 20% menjadi thrust hot gas melalui exhaust sedang kan yg 80% menjadi thrust saja melalui apa pak?

Kang Nandang said...

Mas Arie, yg 80% itu thrust dari Fan.. yg bersatu dengan thrust dari proses pembakaran/ exhaust thrust,
coba perhatikan pd gambar turbo fan tsb.

Salam,
nandangs

Unknown said...

Pembakaran avtur akibat udara panas hasil kompresi yg masuk ke combustion chamber

Unknown said...

Mas mau tanya . Pada saat engine bekerja otomatis menjadi panas akibat pressure dari kinerjanya . Apakah ada pendingin dalam engine untuk menstabilkan suhu engine? Apa angin berpengaruh?

asdp said...

Mantab artikelny