BELAJAR dari negeri PENJAJAH




  















   
Dahulu kala kita pernah dijajah Belanda hampir 350 tahun lebih, dan sekarang Indonesia sudah merdeka sejak tahun 1945, namun belenggu-belenggu di masa penjajahan masih melekat sampai sekarang dan ini terbukti karena sampai saat ini kita masih jauh tertinggal dari negara2 lain, Indonesia masih masuk kategori negara dengan peringkat tingkat kemiskinan diatas 50 dari seratus negara berkembang di dunia, hanya terpaut 50 tingkat dati negara termiskin di dunia yaitu peringkat 103 negara Nigeria, padahal negara Indonesia ini sangat kaya raya sumber daya nya, baik sumber daya manusia, kelautan, hutan , kekayaan hasil bumi dll. Namun kenapa masyarakat Indonesia belum menikmati kekayaan alam yang luar biasa ini.
Artinya kita masih dibelenggu oleh Penjajah karena ekonomi & tekhnologi industry kita masih tergantung dan dikuasai oleh negara asing, jadi yang menikmati hasil kekayaan Indonesia adalah sebagian besar masih negara Asing, contoh PT Freeport hasil keuntungannya Indonesia mendapatkan tidak lebih dari 3,5% dan sisanya 90% lebih dikeruk oleh Amerika . Untuk apa kita merdeka secara simbolis kalau ekonomi & industry kita masih terjajah.
Jadi biar kita tidak terbelenggu oleh penjajah, kita harus cerdas / Smart, kuasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Mari kita contoh Belanda yang terkenal dengan kwalitas mutu pendidikan yang sangat tinggi.
Belanda merupakan negara yang daratannya berada rata–rata 1 meter dibawah permukaan laut, namun hampir tidak pernah memiliki masalah dengan air / kebanjiran. Belanda dibangun dengan tata kota yang terencana dan disiplin tinggi. Dibuat Dam / bendungan yang dirancang khusus penanggulangan Banjir. Akan tetapi kota Jakarta yang rata2 berada 7 meter lebih di atas permukaan laut hampir tiap tahun mengalami banjir. Kenapa…? Apakah bendungan2 / waduk2 yang dahulu dibangun Belanda sudah berubah jadi Mal-Mal, pemukiman penduduk , dll ?
Belanda merupakan negara yang sangat bersih karena mereka masih menjaga lingkungannya, itu bisa dilihat dari masyarakatnya yang masih banyak menggunakan sepeda dalam melakukan aktifitas, bahkan negara Belanda termasuk negara pengguna sepeda yang paling banyak didunia, di jalan rayanya pun disediakan jalur khusus pengguna sepeda. Kenapa kita lebih memprioritaskan jalur Busway ketimbang jalur Sepeda ???
Belenda terkenal dengan negara maju yang tidak pernah meninggalkan budayanya, sebagai negeri kincir angin, negeri keju, & terkenal juga senagai negeri sepatu kayu klompen.
Coba renungkan tentang Indonesia yang kaya raya akan Sumber daya alamnya, masih saja sampai sekarang terkenal dengan negara 5 besar terkorup di Asia, kapan kita akan seperti negeri Belanda.
Inilah tantangan kita sebagai generasi penerus, dengan tidak menyia-nyiakan perjuangan para pendahulu kita yang sudah melepaskan dari belenggu penjajah. Mari isi kemerdekaan ini dengan memberikan yang terbaik untuk negeri ini, dari hal2 yang kecil, mulai sa’at ini, dan mulai dari diri kita sendiri.

No comments: